BKKBN Gelar Lokakarya Tingkat Kecamatan Untuk Penanganan Stunting

Brebeskanal.com – Lokakarya Penanganan Stunting tingkat kecamatan digelar BKKBN Kabupaten Brebes, di Aula Kecamatan Bulakamba, Selasa (21/5/2024). Kegiatan dibuka Camat Bulakamba, Setiawan Nugroho.

“Ini merupakan kegiatan untuk mendorong desa dalam penanganan stunting, khususnya desa yang mempunyai angka tinggi. Dari data yang ada stunting di wilayah kecamatan Bulakamba tertinggi di Desa Kluwut dan Grinting,” kata Setiawan Nugroho.

Menurut dia, upaya pencegahan stunting di tiap desa harus diusulkan, walaupun angka stunttingnya rendah. Artinya, desa harus merencanakan dengan baik, agar tepat waktu, tepat sasaran, dan terukur. Di sisi lain, juga harus mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan. Termasuk, melaksanakan perencanaan penganggaran di tahun berikutnya.

READ  Pisah Sambut Danramil 07 Bulakamba

“Di kecamatan tidak tersedia anggaran untuk penanganan stunting, kita berupaya berkoordinasi dengan BKKBN, KUA, dan desa untuk memastikan kegiatan penurunan angka stunting ini,” ujarnya.

Saat ini, lanjut dia, sejumlah program penurunan stunting telah diluncurkan, di antaranya pendataan melalui Catin, Bumil dan Baduta. Bahkan, setiap bulan harus ada pendataan stunting. Selain itu penimbangan serentak juga bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan gizi pada masyarakat secara lebih dini. “Dengan begitu, pemerintah dapat mengambil langkah cepat untuk mengatasi masalah gizi pada balita,” pungkasnya (din_bk01)

Share to
Scroll to top